Berita  

Penyakit yang disebabkan oleh virus adalah

penyakit karena virus

Balaibahasajateng, Penyakit yang disebabkan oleh Virus adalah – Virus merupakan mikroorganisme yang dapat menyebabkan penyakit pada manusia.

Umumnya organisme ini dapat hidup pada habitat dengan kondisi apapun. Nah, berikut merupakan berbagai virus yang dapat menyebabkan penyakit yang merugikan bagi manusia dan cara penularannya. Let’s go!

Penyakit yang disebabkan oleh virus

  1. Hepatitis
  2. Chikungunya
  3. Cacar variola
  4. Influenza
  5. AIDS

Hepatitis

Merupakan sebuah penyakit yang menyerang hati dan saluran kantong empedu. Penyakit ini akan menyebabkan terganggunya fungsi organ tersebut.

Penyakit ini mempunyai lima jenis, yang masing-masing dinamakan Hepatitis A, B, C, D, dan E. Hepatitis A disebabkan oleh heparnavirus.

Hepatitis B disebabkan oleh orthohepadnavirus. Hepatitis C oleh deltavirus. Hepatitis E oleh hervesvirus. Penularan penyakit hepatitis dapat terjadi melalui kontak langsung dengan penderita (cairan).

Baca juga: Sejarah Virus dan Ciri-cirinya

Chikungunya

Merupakan sebuah penyakit yang menyerang persendian pada manusia. Penyakit ini akan menyebabkan terjadinya kelumpuhan sementara dan penderitanya akan mengalami rasa sakit pada tulang-tulang nya. Chikungunya disebabkan oleh virus yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypty.

Cacar variola

Merupakan sebuah penyakit yang menyerang kulit manusia. Penyakit ini awalnya akan ditandai dengan tubuh penderita yang terus merasa lesu dan demam yang tinggi, kemudian muncul gelembung pada kulit yang akan mengerak dan mengelupas.

Penyakit ini disebabkan oleh virus variola dan dapat dicegah dengan vaksin berupa virus ortopoxvirus.

Influenza

Merupakan sebuah penyakit yang menyerang sistem pernapasan manusia. Penyakit ini awalnya akan ditandai dengan tubuh yang menggigil, nyeri seluruh otot, demam, batuk, dan sakit kepala.

Penyakit ini disebabkan oleh virus orthomixovirus. Penyebaran virus penyakit ini dapat melalui kontak langsung dengan penderita maupun melalui udara saat penderita bersin dan batuk.

AIDS

Merupakan sebuah penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Penyakit ini awalnya ditandai dengan penderitanya mengalami penurun berat badan yang ekstrim, diare kronis, demam tinggi, sesak napas, dan penderitanya selalu mengalami lelah.

Baca Juga : Apa Perbedaan Virus dan Bakteri serta Sel?

Penyakit AIDS disebabkan oleh human immunodeficiensy virus (HIV). Penyebaran penyakit ini dapat melalui jarum suntik yang terinfeksi, tranfusi darah, berhubungan badan atau seks bebas dengan penderita AIDS, dan janin yang ibunya mengidap penyakit ini.

Jadi, itulah beberapa contoh penyakit yang disebabkan oleh virus. Virus dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan yang serius, tetapi kita juga harus ingat bahwa kita memiliki banyak alat untuk melindungi diri kita dari infeksi virus, seperti menjaga kebersihan diri, memakai masker, dan menghindari kerumunan.

Meskipun pandemi COVID-19 telah memberikan tantangan besar bagi kita semua, mari kita berharap bahwa dengan tindakan yang tepat, kita dapat mengatasi virus dan mengurangi jumlah penyakit yang disebabkan oleh virus di masa depan. Tetap sehat dan waspada, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *