21 Desember 2009 | 07:00 wib

Seranta Tahun 2009

              Seranta berisi kumpulan/antologi hasil penelitian kebahasaan dan kesastraan. Berikut judul-judul yang terdapat dalam Seranta tahun 2009.

  • Pengorganisasian dan Penilaian Pembelajaran Keterampilan Menulis oleh Suryo Handono
  • Bahasa Kisar: Tinjauan Kritis terhadap Karya Samloy dkk. dalam Bidang Morfologi oleh Umar Solikhan
  • Tingkat Kemahiran Berbahasa Indonesia Guru Bahasa Indonesia SMK di Jawa Tengah Berdasarkan Hasil UKBI oleh Enita Istriwati
  • Eksistensi Bahasa Indonesia pada Era Global oleh Sutarsih
  • Pemerolehan Morfologi pada Anak Usia Empat Tahun: Kasus Lili oleh Agus Sudono
  • Aspek-aspek Situasi Tutur dalam Propaganda Pemilu 2009 oleh Endro Nugroho Wasono Aji
  • Ciri Morfologis Kosakata Bahasa Jawa dalam Bahasa Indonesia oleh Ika Inayati
  • Nilai Budi Pekerti dalam Cerita Anak Terjemahan Karya Hans Cristian Andersen oleh Poetri Mardiana Sasti
  • Bahasa Indonesia dan Perkembangannya: Memperingati HUT ke-81 Bahasa Indonesia oleh Ema Rahardian
  • Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar oleh Nur Ramadhoni Setyaningsih
  • Prinsip-prinsip Kepemimpinan dalam Ungkapan Jawa oleh Umi Farida
  • Pronomina Penunjuk dalam Tajuk Rencana Harian Suara Merdeka oleh Esti Apisari
  • Model Pembelajaran Menulis Surat Permohonan Resmi dengan Menggunakan CTL (Contextual Teaching and Learning) oleh Rukni Setyawati
  • Menggagas Metode Terapan Pembelajaran MMP olehTuriyo Ragilputra
  • Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Terbaik bagi Siswa (Sebuah Pemikiran) oleh Endah Kusmarwati
  • Gagasan Berbuah Kata-kata oleh Amri Muji Hastuti
  • Belajarlah dari Suksesnya Kisah Negeri Laskar Pelangi oleh Mumfarid
  • Pembelajaran Baca Puisi sebagai Kegiatan Pembacaan Estetik, Asyik, dan Menyenangkan Siswa oleh Narsan

  Berikut ini abstrak Seranta yang diterbitkan tahun 2009.

Nama

Judul

Abstrak

:

:

:

Suryo Handono

Pengorganisasian dan Penilaian Pembelajaran Keterampilan Menulis

Menulis memiliki peranan penting bagi siswa dalam pengembangan daya berpikir dan pendalaman bahan ajar karena melalui menulis siswa dapat belajar bagaimana belajar. Oleh karena itu, menulis perlu mendapat perhatian serius di sekolah. Namun, bagaimana pengorganisasian materi dan penilaian yang harus diterapkan pada pembelajaran bahasa Indonesia. Tulisan singkat ini mencoba mengetengahkan sebuah catatan kecil tentang pengorganisasian dan penilaian pembelajaran keterampilan menulis yang berorientasi pada kompetensi.

Kata kunci:   keterampilan menulis, pembelajaran, pengorganisasian, penilaian, kompetensi

 

Nama

Judul

Abstrak

:

:

:

Umar Solikhan

Bahasa Kisar: Tinjauan Kritis terhadap Karya Samloy dkk. dalam Bidang Morfologi

Sebagai sebuah karya penelitian, apa yang dihasilkan oleh Samloy dkk. (1998) mengenai Struktur Bahasa Kisar sebenarnya sudah cukup baik dan lengkap karena menyangkut seluruh aspek bidang kajian, baik fonologi, morfologi, maupun sintaktis. Namun, karena menyangkut semua bidang itulah, kajian pada setiap bidang menjadi tidak matang. Khususnya dalam bidang morfologi, yang dilakukan oleh Samloy dkk. masih memiliki banyak kelemahan atau kesalahan. Kesalahan-kesalahan itu tampak sebagai akibat ketidakhati-hatian dalam penyajian kaidah dan data yang diberikan. Proses-proses yang dialami oleh pertemuan morfem-morfem tidak jelas dan malah membingungkan. Di samping itu, ketidakjelasan teori yang menjadi acuan (seperti sisipan atau kombinasi imbuhan) tidak dicantumkan, termasuk kaidah atau pendapat yang mendukung acuan itu. Hal itu diakibatkan oleh ketidakkonsistenan dalam penyajian data. Selain itu, pemberian nomor urut yang merupakan bagian-bagian dari sistematika penulisan tampak kacau-balau. Tulisan ini mencoba mengkaji secara kritis karya Samloy dkk. (1998) tentang struktur bahasa Kisar pada bidang morfologi dengan tujuan untuk menunjukkan kelemahan-kelemahannya sehingga diharapkan tulisan ini dapat memberikan masukan demi penyempurnaan hasil penelitian tersebut. 

Kata kunci: bahasa Kisar, morfologi, morfem

 

 

Nama

Judul

 Abstrak

:

:

 :

Enita Istriwati

Tingkat Kemahiran Berbahasa Indonesia Guru Bahasa Indonesia SMK di Jawa Tengah Berdasarkan Hasil UKBI

Guru termasuk salah satu penentu pendidikan. Agar pendidikan berhasil sesuai dengan yang diharapkan, guru dituntut mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan. Guru bahasa Indonesia SMK di Jawa Tengah pun dituntut untuk mengembangkan keprofesionalan ini. Salah satu sarana untuk mengembangkan keprofesionalan guru bahasa Indonesia tersebut adalah UKBI. Hasil UKBI menunjukkan, kemampuan berbahasa Indonesia guru bahasa Indonesia SMK di Jawa Tengah masih "rendah". Oleh sebab itu, guru diharapkan mengembangkan keprofesionalannya sehingga hasil UKBI meningkat.

Kata kunci: guru bahasa Indonesia, keprofesionalan, UKBI

                                        

Nama

Judul

Abstrak

:

:

:

Sutarsih

Eksistensi Bahasa Indonesia pada Era Global

Globalisasi merupakan masa bagi bahasa Indonesia menghadapi tantangan baru dalam eksistensinya sebagai bahasa nasional. Globalisasi mengakibatkan bahasa Indonesia dihadapkan pada kondisi untuk tetap kukuh sehingga tidak tergeser oleh bahasa asing dan tidak menggencet bahasa daerah. Dilema yang dihadapi bahasa Indonesia tersebut disikapi dengan kearifan bahasa demi eksistensinya dengan mempertahankan keberadaan bahasa daerah dan menerima bahasa asing sebagai pemerkaya bahasa nasional.

Kata kunci: bahasa Indonesia, globalisasi, kearifan

 

Nama

Judul

 Abstrak

:

:

 :

Agus Sudono

Pemerolehan Morfologi pada Anak Usia Empat Tahun: Kasus Lili

Pemilu sebagai bentuk perwujudan demokrasi bertujuan untuk peralihan kekuasaan. Sebagai negara yang menganut sistem multipartai banyak partai bersaing untuk mengajukan kader terbaiknya sebagai caleg maupun capres. Parpol-parpol pun berlomba-lomba untuk mendapatkan simpati dan dukungan dari masyarakat melalui propaganda. Aspek-aspek situasi tutur dalam propaganda Pemilu 2009 meliputi propagandis sebagai penutur, masyarakat sebagai mitra tutur, dan tujuan tutur.

Kata kunci: propaganda, pemilu, aspek situasi tutur

 

Nama

Judul

Abstrak

:

:

:

Endro Nugroho Wasono Aji

Aspek-aspek Situasi Tutur dalam Propaganda Pemilu 2009

Pemilu sebagai bentuk perwujudan demokrasi bertujuan untuk peralihan kekuasaan. Sebagai negara yang menganut sistem multipartai banyak partai bersaing untuk mengajukan kader terbaiknya sebagai caleg maupun capres. Parpol-parpol pun berlomba-lomba untuk mendapatkan simpati dan dukungan dari masyarakat melalui propaganda. Aspek-aspek situasi tutur dalam propaganda Pemilu 2009 meliputi propagandis sebagai penutur, masyarakat sebagai mitra tutur, dan tujuan tutur.

Kata kunci: propaganda, pemilu, aspek situasi tutur

 

Nama

Judul

 Abstrak

:

:

 :

Ika Inayati

Ciri Morfologis Kosakata Bahasa Jawa dalam Bahasa Indonesia

Tulisan ini merupakan bagian dari salah satu klasifikasi kosakata bahasa Jawa dalam bahasa Indonesia yang diinventarisasi oleh tim peneliti Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah. Klasifikasi ciri morfologis kosakata-kosakata tersebut dimaksudkan untuk mengetahui asal pembentukan kata yang diharapkan, sesuai dengan tujuan akhir dari penelitian ini, akan berguna dalam penyusunan kamus. Berdasarkan hasil pengklasifikasian, ditemukan kosakata-kosakata bahasa Jawa yang terbentuk dari ciri-ciri morfologis bahasa Jawa, ciri morfologis bahasa Jawa dan bahasa Indonesia, serta ciri morfologis bahasa Indonesia.

Kata kunci: inventarisasi, bahasa Jawa, ciri morfologis

 

Nama

Judul

 Abstrak

:

:

 :

Poetri Mardiana Sasti

Nilai Budi Pekerti dalam Cerita Anak Terjemahan Karya Hans Cristian Andersen

Sastra anak merupakan media yang efektif bagi para pendidik maupun orang tua untuk mengajarkan nilai-nilai moral, budaya, perilaku, dan budi peketi kepada anak. Banyak dongeng karya Andersen yang berisi "pelajaran" tidak hanya bermanfaat untuk anak-anak, tetapi juga untuk orang dewasa di seluruh dunia. Dengan membaca terjemahan cerita Andersen, anak dapat diberi pengertian tentang pentingnya sikap rendah hati, pengorbanan, tidak mudah percaya terhadap orang lain, tidak dendam, dan pentingnya selalu memohon pertolongan kepada Tuhan. Namun, tidak dipungkiri bahwa hadirnya cerita anak terjemahan juga membawa dampak negatif bagi anak-anak karena terdapat juga nilai-nilai yang buruk yang tidak sesuai untuk anak-anak.

Kata kunci: cerita anak terjemahan, nilai budi pekerti

 

Nama

Judul

 Abstrak

:

:

 :

Ema Rahardian

Bahasa Indonesia dan Perkembangannya: Memperingati HUT ke-81 Bahasa Indonesia

Masa 81 tahun bukanlah waktu yang singkat bagi bahasa Indonesia menapaki tahap demi tahap perkembangannnya untuk menjadi bahasa yang bermartabat. Sumpah Pemuda merupakan momentum lahirnya bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa nasional. Akan tetapi, seiring bergulirnya waktu bahasa Indonesia tumbuh, berkembang, dan mengalami berbagai masalah kebahasaan yang semakin lama semakin mengancam eksistensi bahasa dan bangsa Indonesia, meluluhlantakkan derajat dan martabat bahasa Indonesia, melunturkan rasa cinta dan bangga terhadap bahasa Indonesia, dan mengaburkan makna Sumpah Pemuda.

Kata Kunci:  bahasa Indonesia, perkembangan, Sumpah Pemuda

 

Nama

Judul

Abstrak

:

:

:

Nur Ramadhoni Setyaningsih

Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Suatu ketika seseorang bertanya, "Mengapa kita harus meributkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar? Bukankah yang penting dalam komunikasi apa yang ingin kita sampaikan dapat dipahami oleh kedua belah pihak?". Baginya pembicaraan tentang bahasa Indonesia adalah topik yang diada-adakan. Mengapa pendapat itu muncul? Bisa jadi karena memang pemahaman masyarakat tentang pentingnya peran bahasa Indonesia masih kurang. Bisa juga karena mereka telanjur apatis terhadap pemerintah, toh apa pun yang diperjuangkan tidak mendatangkan keuntungan bagi mereka, tingkat kesejahteraan ekonomi mereka tetap tidak berubah. Yang juga menjadi pertanyaan mereka, seperti apakah bahasa Indonesia yang baik dan benar? Bagi para ‘penggelut' bahasa, apa yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap bahasa Indonesia? Sudah tepatkah sasaran pembinaan bahasa Indonesia yang selama ini dilakukan?

Kata kunci: Bahasa Indonesia yang baik dan benar, penggelut bahasa

 

 

Nama

Judul

Abstrak

:

:

:

Umi Farida

Prinsip-prinsip Kepemimpinan dalam Ungkapan Jawa

Ungkapan Jawa mengandung ajaran-ajaran luhur tentang nilai-nilai spiritual, ajaran moral, tata krama, dan pembentukan kepribadian. Ajaran-ajaran tersebut mengatur tingkah laku dan moral manusia sebagai pribadi dan manusia dalam kiprahnya bagi masyarakat. Salah satu di antaranya adalah ajaran tentang kepemimpinan. Prinsip-prinsip kepemimpinan yang terdapat dalam ungkapan Jawa ini dapat dikembangkan sebagai salah satu pedoman pembentukan karakter kepemimpinan bagi para pemimpin nasional.

Kata kunci: ungkapan Jawa, kepemimpinan

 

Nama

Judul

 Abstrak

:

:

 :

Esti Apisari

Pronomina Penunjuk dalam Tajuk Rencana Harian Suara Merdeka

Pronomina penunjuk dalam bahasa Indonesia terbagi menjadi beberapa bagian. Dalam bahasa Indonesia dikenal tiga macam pronomina penunjuk, yaitu (1) pronomina penunjuk umum, (2) pronomina penunjuk tempat, dan (3) pronomina penunjuk ihwal. Pada umumnya kegiatan berbahasa tidak terlepas dari penggunaan pronomina penunjuk, baik dalam bentuk lisan maupun tulis. Dalam analisis ditemukan bahwa pronomina penunjuk dalam Tajuk Rencana Suara Merdeka sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia.

Kata kunci: pronomina penunjuk, tajuk rencana

 

Nama

Judul

 Abstrak

:

:

:

Rukni Setyawati

Model Pembelajaran Menulis Surat Permohonan Resmi dengan Menggunakan CTL (Contextual Teaching and Learning)

Keterampilan menulis oleh para ahli pengajaran bahasa ditempatkan pada tataran paling tinggi dalam proses pemerolehan bahasa. Hal ini disebabkan keterampilan menulis merupakan keterampilan produktif yang hanya dapat diperoleh sesudah keterampilan menyimak, berbicara, dan membaca. Hal ini pula yang menyebabkan keterampilan menulis merupakan keterampilan berbahasa yang dianggap paling sulit, sesuai dengan beberapa hasil penelitian bahwa keterampilan siswa menulis surat resmi siswa SMP masih rendah. Keterampilan menulis surat resmi adalah ragam nonsastra yang merupakan bagian dari ruang lingkup aspek kemampuan berbahasa. Masalah rendahnya keterampilan menulis surat resmi siswa SMP diharapkan dapat diatasi melalui pembelajaran menggunakan pendekatan CTL dengan tujuh komponen utamanya.

Kata kunci: keterampilan menulis surat resmi, pendekatan CTL  

 

 

 

( Tim Laman Balai Bahasa )

Kirim Komentar

Terbaru

23 Mei 2017 | 11:40 wib

Pengumuman Hasil Seleksi Wawancara dan UKBI Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah 2017

Kami beri tahukan kepada Saudara bahwa Dewan Juri Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah 2017 yang terdiri atas: Drs. Suryo Handono,…


12 Mei 2017 | 15:54 wib

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah 2017

Kami beritahukan kepada Saudara bahwa panitia Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Jawa Tengah telah menyeleksi kelengkapan berkas…


26 April 2017 | 19:17 wib

Pengumuman Pemenang Sayembara Penulisan Bahan Bacaan Pengayaan Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar se-Jawa Tengah 2017

Balai Bahasa Jawa Tengah, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengemban tugas…


10 Februari 2017 | 11:39 wib

Sayembara Penulisan Bahan Bacaan Pengayaan Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Se-Jawa Tengah 2017

image Balai Bahasa Jawa Tengah menyelenggarakan Sayembara Penulisan Bahan Bacaan Pengayaan Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah…


16 November 2016 | 08:26 wib

PEMANFAATAN BAHASA INDONESIA YANG BAIK, BENAR, DAN SANTUN

image Bahasa, sebagai produk budaya, memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan karakter. Bahasa Indonesia yang baik…

© 2012 Balai Bahasa Jawa Tengah
Jalan Elang Raya Nomor 1, Mangunharjo, Tembalang, Semarang
Telepon 024-76744357, Fax. 024-76744358, Email: info@balaibahasajateng.web.id