31 Desember 2010 | 11:36 wib

Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia bagi Guru SMP Bidang Studi Bahasa Indonesia Se-Kabupaten Klaten

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru SMP dalam hal penggunaan, pembinaan, dan pengajaran Bahasa Indonesia. Dengan keterampilan berbahasa yang telah terbina, diharapkan para guru SMP dapat meningkatkan keterampilannya dalam berbahasa Indonesia yang baik dan benar serta mampu mengajarkan Bahasa Indonesia kepada siswa-siswanya sehingga pengajaran Bahasa Indonesia akan lebih berhasil.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah guru-guru di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten. Mereka merupakan wakil-wakil dari Sekolah Menengah Pertama baik negeri maupun swasta di wilayah Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten.

Acara dilaksanakan oleh panitia selama tiga hari, dengan hari Selasa tanggal 5 Oktober 2010 sebagai perjalanan dan persiapan panitia untuk pengecekan tempat dan peralatan kegiatan. Kegiatan penyuluhan bahasa ini dimulai pada hari Rabu-Kamis; tanggal 6-7 Oktober 2010. Waktu kegiatan pada hari Rabu pukul 07.00-17.00 WIB, sedangkan pada hari Kamis pukul 07.00-13.00. Seluruh rangkaian acara kegiatan ini diadakan di Hotel Galuh, Prambanan Kabupaten Klaten.

Metode yang diterapkan dalam kegiatan penyuluhan ini adalah metode ceramah. Penerapan metode ini dilakukan dengan cara narasumber memberikan pembekalan materi kebahasaan kepada para peserta. Setiap peserta diperbolehkan mengajukan pernyataan dan pertanyaan mengenai masalah-masalah kebahasaan yang sering dihadapi di  lingkungan kelas dimana mereka mengajar. Narasumber memberikan jawaban atau tanggapan akan pertanyaan maupun pernyataan peserta, sehingga setiap permasalahan dapat diberikan cara mengatasinya. Adapun materi kegiatan ini disampaikan oleh:

 

  1. Drs. Widada M.Hum. (Kebijakan Bahasa Indonesia, Bentuk dan Pilihan Kata)
  2. Sutarsih, S.Pd. (Ejaan yang Disempurnakan)
  3. Drs. Suryo Handono, M.Pd. (Kalimat dan Paragraf)
  4. Rini Esti Utami, S.S. (Tes UKBI)

 

Secara keseluruhan pelaksanaan kegiatan Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia Bagi Guru SMP se-Kabupaten Klaten berjalan tertib dan lancar. Mayoritas peserta dan pejabat yang diundang pada pembukaan menunjukkan minat dan apresiasi yang tinggi terhadap kegiatan ini. Hal ini terlihat dengan hadirnya peserta lebih awal dari jadwal yang ditentukan baik pada hari pertama saat pembukaan maupun pada hari kedua pelatihan dan penutupan.

Hasil yang dicapai peserta setelah mendapatkan Penyuluhan bahasa dengan tema Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia ini adalah peningkatan pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan menggunakan bahasa Indonesia serta peningkatan mutu pemakaian bahasa Indonesia baik dalam kehidupan peserta maupun dalam pengajarannya. Peserta mendapatkan nuansa pengajaran bahasa Indonesia yang baru yang lebih efektif serta terjamin keberhasilannya bagi para siswa mereka. Hal ini terlihat dari antusiasnya mereka di dalam menanggapi setiap materi yang diberikan oleh narasumber.

Hal yang masih dirasa kurang adalah keterbatasan waktu pemberian materi pelatihan dan tanya jawab antara narasumber dan peserta sehingga tidak semua pertanyaan dapat terjawab saat itu. Narasumber lebih banyak mengangkat masalah-masalah pengajaran bahasa Indonesia yang sering terjadi dan ditemui oleh para peserta di dalam mengajarkan bahasa Indonesia. Secara keseluruhan pelaksanaan kegiatan Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia bagi Guru SMP se-Kabupaten Klaten berjalan tertib dan lancar tanpa hambatan yang berarti. Semua ini terlaksana berkat kerja sama yang baik antara Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah dan pengurus MGMP SMP Bidang Studi Bahasa Indonesia Kabupaten Klaten.

 

 

 

( Tim Laman Balai Bahasa )

Kirim Komentar

Terbaru

21 November 2014 | 15:46 wib

Kongres Kebudayaan Jawa 2014: Upaya Revitalisasi Nilai-nilai Budaya Jawa

Kongres Kebudayaan Jawa 2014 berlangsung selama empat hari pada 10—13 November 2014 di Surakarta. Kongres kebudayaan…


21 November 2014 | 14:54 wib

Penulisan Bentuk Gabung

Penulisan kata-kata yang digabung dan dipisah sudah diajarkan di bangku sekolah. Namun, kenyataannya masih sering dijumpai…


18 November 2014 | 16:18 wib

Penghargaan Prasidatama 2014: Dari yang Muda Energik hingga yang Senior Tersohor

image   Kreativitas memang tidak memandang usia. Tokoh dan sastrawan muda bisa lebih kreatif daripada tokoh yang lebih tua.…


06 November 2014 | 10:20 wib

UPAYA INTERNASIONALISASI BAHASA INDONESIA

image Bahasa Indonesia memiliki potensi menjadi bahasa internasional. Suatu bahasa dapat menjadi bahasa internasional jika bahasa…


04 November 2014 | 16:01 wib

Gubernur Jawa Tengah Menyerahkan Penghargaan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Jawa “Prasidatama” 2014

image Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah memberikan penghargaan kepada sejumlah tokoh yang memiliki dedikasi dalam mencipta karya…

© 2012 Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah
Jalan Elang Raya, Mangunharjo Tembalang, Semarang
Telp. 024-76744357, 70769945 Fax. 024-76744358 Email: info@balaibahasajateng.web.id