06 Oktober 2010 | 11:43 wib

Workshop Drama Kota Magelang

Kegiatan Workshop Drama Kota Magelang tahun 2010  bertujuan sebagai berikut.

  • Pendidik dan siswa mengenal, memahami, dan menghayati tentang drama dan seluk-beluknya.
  • Pendidik daan siswa bersikap positif, peka, dan apresiatif terhadap pementasan drama.
  • Pendidik dam siswa dapat meningkatkan bakat dan kemampuannya dalam menyusun naskah drama.
  • Pendidik dan siswa dapat mengembangkan kemampuannya dalam bermain peran.

Metode dan Teknik

Pelaksanaan kegiatan Workshop Drama Kota Magelang Tahun 2010  dilakukan dengan menggunakan metode ceramah, pelatihan, praktik bermain drama, dan pentas kelompok. Penerapan metode itu dilakukan dengan cara pembimbing memberikan pembekalan materi tentang drama dan pembelajarannya di sekolah kepada peserta yang dilanjutkan dengan tanya jawab. Selanjutnya para peserta dilatih mengenai dasar-dasar bermain drama yang meliputi pengenalan panggung, bloking, improvisasi, eksplorasi, dan interpretasi pertunjukkan. Praktik bermain drama ini diwujudkan dalam pentas kelompok.

Materi

Materi yang disajikan pada Workshop Drama Kota Magelang Tahun 2010  ini adalah sebagai berikut.

1)        Kebijakan Sastra disampaikan oleh Drs. Widada, M.Hum. dari Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah;

2)        Pembelajaran Drama disampaikan oleh Drs. Budiono, M.Si. dari Dewan Kesenian Kota Magelang;

3)        Menulis Naskah Drama disampaikan oleh Drs. Budiono, M.Si. dari Dewan Kesenian Kota Magelang;

4)        Dasar-dasar Bermain Drama disampaikan oleh Tri Setyo Nugroho, S.E. dari SMK YP 17 Magelang;

5)        Pentas Kelompok disampaikan oleh Tri Setyo Nugroho, S.E. dari SMK YP 17 Magelang.

Peserta

Peserta Workshop Drama Kota Magelang Tahun 2010, tanggal 26 Juli 2010 berjumlah 150 orang dengan perincian 100 orang peserta pada kegiatan workshop drama tanggal 17 Juli 2010 dan 50 peserta pada kegiatan workshop drama tanggal 23 dan 24 Juli 2010.

Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Workshop Drama Kota Magelang Tahun 2010 dilaksanakan dua kali. Yang pertama, kegiatan dilaksanakan pada tanggal 17 Juli 2010 di Auditorium Universitas Muhammadiyah Magelang. Workshop drama ini merupakan kerja sama Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah dengan MGMP Bahasa Indonesia SMP Kota Magelang dan Dewan Kesenian Kota Magelang. Kegiatan berlangsung dari pukul 08.00-15.30 WIB.

Yang kedua, kegiatan dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada hari Jumat dan Sabtu tanggal 23 dan 24 Juli 2010. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan pada tanggal 17 Juli 2010. Seperti kegiatan yang pertama, kegiatan workshop yang kedua berlangsung dari pukul 08.00-15.30 WIB.

 Workshop Drama Pertama

Panitia berkumpul di Kantor Balai Bahasa Semarang pukul 05.30, kemudian berangkat ke lokasi workshop di auditorium Universitas Muhammadiyah Magelang. Rombongan tiba sekitar pukul 08.00 dan bergabung dengan panitia setempat untuk mempersiapkan acara. Workshop drama yang pertama diikuti oleh seratus peserta dari umum, yang terdiri atas guru, mahasiswa, dan siswa baik SMA ataupun SMP. Tema workshop ini berjudul "Bersahabat dengan Drama: Gampang Menulis dan Bermain Drama". Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah dengan MGMP Bahasa Indonesia SMP dan Dewan Kesenian Magelang.

Penyajian Materi dan Pelatihan

Acara pembukaan berlangsung selama setengah jam dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber. Narasumber tersebut adalah Drs. Widada, M.Hum. yang menyampaikan materi tentang Kebijakan Balai Bahasa; Drs. Budiono, M.Si.. yang menyampaikan materi tentang Menulis Naskah Drama. Pada pukul 12.00 WIB acara dihentikan sejenak untuk ISHOMA (Istirahat, Sholat, dan Makan). Setelah ISHOMA acara dilanjutkan dengan pentas drama oleh peserta. Setelah itu, kegiatan diisi acara Refleksi yang dipandu oleh Tri Setyo Nugroho, S.E. Pada acara tersebut, narasumber memberi komentar tentang penampilan peserta dalam bermain drama. Sebelum diakhiri, acara diisi oleh penampilan monolog Butet Kertaredjasa. Penampilan Butet yang memikat menjadi daya tarik tersendiri dalam kegiatan workshop kali ini. Tidak mengherankan jika peserta antusias dalam mengikuti setiap acara. Kegiatan hari itu ditutup pada pukul 15.30 WIB.

Workshop Drama Kedua

Pada workshop drama yang kedua panitia berkumpul di Kantor Balai Bahasa Semarang pukul 05.30. Kemudian rombongan panitia berangkat ke lokasi workshop di Kota Magelang. Rombongan tiba sekitar pukul 08.00 untuk mempersiapkan acara. Peserta workshop drama yang kedua adalah siswa smp yang berjumlah lima puluh orang. Tema yang diambil berjudul "Siapapun Bisa Menjadi Aktor".

Penyajian Materi dan Pelatihan

Acara pembukaan berlangsung selama setengah jam dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber. Narasumber tersebut adalah Drs. Budiono, M.Si. yang menyampaikan materi tentang Drama dan Pembelajarannya di Sekolah; yang dilanjutkan dengan materi tentang Dramaturgi sampai pukul 11.30. Acara selanjutnya adalah istirahat sampai pukul 13.00 WIB. Waktu istirahat agak panjang untuk memberi kesempatan peserta melaksanakan salat Jumat. Setelah istirahat acara dilanjutkan materi tentang Pengenalan Seni Drama oleh Drs. Budiono, M.Si. sampai pukul 14.30. Terakhir, kegiatan pada hari Jumat itu diisi oleh Tri Setyo Nugroho, S.E. yang menyampaikan materi Dasar-dasar Latihan Drama. Pada acara tersebut, narasumber memberikan olah suara dan olah nafas dalam bermain drama.

Kegiatan pada hari kedua dilaksanakan sesuai dengan jadwal, yaitu pada hari Sabtu tanggal 24 Juli 2010 pukul 08.00. Kalau pada hari pertama acara lebih banyak diisi dengan teori, acara hari kedua berupa praktik berlatih drama. Pada jam pertama adalah Latihan Dasar Teater yang dipandu oleh Tri Setyo Nugroho, S.E. Selanjutnya, acara diisi oleh narasumber yang sama dengan materi Pengenalan Panggung dan Bloking pada pukul 09.40-10.30 dan Improvisasi dan Eksplorasi  pada pukul 10.30-12.00. Setelah istirahat selama tiga puluh menit. Acara dilanjutkan lagi dengan materi Interpretasi Pertunjukan dan Pentas Kelompok.                                                                                                    

Secara umum proses pelaksanaan acara pada hari pertama dan kedua berlangsung baik dan lancar. Peserta dengan antusias mengikuti acara demi acara hingga kegiatan selesai.

Penutupan

Setelah seluruh penyajian materi selesai, tepat pada pukul 15.30 acara dilanjutkan dengan penutupan kegiatan dan pemberian cindera mata dari pihak SMK YP 17 yang dilakukan oleh Kepala Sekolah Ir. Widodo kepada pihak Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan ini ditutup secara singkat dan sederhana oleh koordinator panitia yang mewakili Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah. Dalam sambutannya pada acara penutupan ini, kepala balai berpesan agar kegiatan workshop drama ini tidak berhenti sampai di sini, tetapi diharapkan agar pembinaan ini terus dilanjutkan oleh instansi setempat. Harapan ini disambut dengan antusias oleh para peserta Workshop Drama Kota Magelang Tahun 2010. Sebagai ungkapan rasa terima kasih SMK YP 17 menyajikan tarian yang ditampilkan oleh siswa-siswi SMK YP 17 Magelang.

Hasil yang Dicapai

Hasil yang dicapai oleh peserta setelah mendapatkan pembekalan dan pelatihan tentang drama adalah peningkatan apresiasi siswa terhadap drama. Selain itu, siswa dibekali dengan ketrampilan bermain drama mulai dari latihan dasar teater hingga pentas kelompok.

Hambatan Pelaksanaan dan Pemecahannya

Pelaksanaan Workshop Drama Kota Magelang Tahun 2010 dapat berjalan dengan lancar dan tidak menemui hambatan yang berarti dalam proses pelaksanaannya. Hal yang dirasakan masih kurang adalah ketersediaan waktu. Waktu yang pendek dan materi yang cukup padat mengakibatkan tidak semua peserta bisa tampil dalam sebuah pentas kelompok. Penyelenggaraan workshop drama dalam satu waktu mungkin dapat menjadi solusi untuk mengatasi keterbatasan waktu yang ada.

 

 

( Tim Laman Balai Bahasa )

Kirim Komentar

Terbaru

24 Agustus 2018 | 09:15 wib

Bahasa untuk yang Nonbahasa

image   Penggunaan bahasa yang baik dan benar seharusnya tidak hanya dilakukan di sekolah atau lingkungan akademis lainnya.…


20 Agustus 2018 | 11:02 wib

Guru Harus Meningkatkan Kemahiran Berbahasa Indonesia

  Bahasa Indonesia menjadi alat komunikasi yang sangat penting bagi guru karena bahasa Indonesia wajib digunakan sebagai…


20 Agustus 2018 | 10:48 wib

Guru Nonbahasa Perlu Melek Bahasa dan Sastra

image   Bahasa mempunyai peran penting dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional anak didik. Dalam hal ini bahasa…


16 Agustus 2018 | 16:16 wib

Devian dan Rosaliana Terpilih Menjadi Duta Bahasa Jawa Tengah 2018

image Devian Satria Kusuma Pradiva (alumni Universitas Sebelas Maret) dan Rosaliana Intan Pitaloka (Universitas Sebelas Maret)…


30 Juli 2018 | 10:54 wib

Mutiara, Cahaya, dan Pahlawan Tema ibu Mendominasi Puisi Bengkel Sastra di Kabupaten Jepara

image Kegiatan Bengkel Komunitas Bahasa dan Sastra (Siswa Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Jepara) diadakan pada 16-18 April…

© 2012 Balai Bahasa Jawa Tengah
Jalan Elang Raya Nomor 1, Mangunharjo, Tembalang, Semarang
Telepon 024-76744357, Fax. 024-76744358, Email: info@balaibahasajateng.web.id