20 Agustus 2010 | 11:35 wib

Lokakarya Penyusunan Naskah Piagam Kerja Sama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pusat Bahasa

Kegiatan Lokakarya Penyusunan Naskah Piagam Kerja Sama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pusat Bahasa ini dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 8 Juni 2010 pukul 09.30-14.00 WIB bertempat di Hotel Ibis Semarang, Jalan Gajah Mada No.172 Semarang. Kegiatan lokakarya ini bertujuan untuk menjalin kerja sama yang baik dan berkesinambungan. Selain itu, kegiatan ini bertujuan merumuskan langkah-langkah dalam upaya meningkatkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar serta mengembangkan sikap positif masyarakat terhadap Bahasa Indonesia, khususnya di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Hal ini dilakukan karena perlu adanya revisi piagam kerja sama yang terdahulu.

Lokakarya ini dilakukan dalam bentuk sidang pleno. Hal ini dilakukan untuk merumuskan naskah piagam kerja Sama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pusat Bahasa. Sidang pleno dilakukan dengan paparan-paparan berupa pandangan umum dari narasumber yang kemudian ditanggapi oleh peserta. Peserta yang datang dari berbagai instansi pemerintah dan perwakilan organisasi memberikan pandangan berkaitan dengan kegiatan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah serta langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menjalin kerja sama yang baik antara Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pusat Bahasa.

Materi yang disampaikan oleh narasumber berkaitan dengan pandangan umum tentang kerja sama. Sebelumnya narasumber menyampaikan pandangannya. Selanjutnya para peserta menanggapi pandangan tersebut.

Narasumber dan Moderator Penyusunan Naskah Piagam Kerja Sama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pusat Bahasa materi kegiatan ini disampaikan oleh:

No

Nama

Unit Kerja

Keterangan

1.

Drs. Mustakim, M.Hum.

Pusat Bahasa

Narasumber

2.

Drs. Widada, M.Hum.

Balai Bahasa Semarang

Narasumber

3.

Drs. Yusup

Biro Bina Mental Provinsi Jawa Tengah

Narasumber

4.

Sujoto, S.Pd.

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah

Narasumber

5.

Drs. Irawan H.G., M.Pd.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah

Narasumber

6.

Drs. Suryo Handono, M.Pd.

Balai Bahasa Semarang

Moderator

 

Peserta yang mengikuti kegiatan ini berasal dari Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, instansi/ dinas Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Forum Bahasa Media Massa (FBMM) Jawa Tengah, Himpunan Pembina Bahasa Indonesia (HPBI) Jawa Tengah, dan budayawan.

Secara keseluruhan pelaksanaan kegiatan Lokakarya Penyusunan Naskah Piagam Kerja Sama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pusat Bahasa tertib dan lancar. Mayoritas peserta dan narasumber hadir tepat waktu.

Acara pembukaan berlangsung selama lima belas menit dan langsung dilanjutkan dengan acara utama berupa sidang pleno yang diawali dengan pandangan umum dari masing-masing narasumber berkaitan dengan materi penyusunan naskah piagam kerja sama. Acara utama ini dipandu oleh moderator lokakarya, Drs. Suryo Handono, M.Hum. Sidang pleno terbagi dalam dua sesi. Sesi pertama merupakan paparan pandangan umum dari para narasumber, sedangkan sesi kedua adalah tanggapan dari peserta lokakarya. Pada sidang pleno pertanyaan dan masukan peserta digunakan untuk menyempurnakan naskah kerja sama.

Secara umum pelaksanaan acara berlangsung tertib dan lancar. Interaksi antara peserta dengan narasumber maupun peserta dengan peserta lainnya berlangsung baik. Komunikasi yang terbuka dan saling menghormati menciptakan iklim yang hangat selama berlangsungnya acara. Hal ini merupakan awal yang baik dalam membina kerja sama di masa yang akan datang. Setelah beristirahat selama satu jam, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian hasil rumusan.

Hasil-hasil yang dicapai dalam lokakarya tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Naskah kerja sama akan dikonsultasikan ke Biro Hukum Provinsi Jawa Tengah dan Biro Kerja Sama Provinsi Jawa Tengah.
  2. Naskah kerja sama yang sudah dikosultasikan dan direvisi itu diteruskan pada pihak-pihak/instansi yang terkait, yakni Biro Hukum Provinsi Jawa Tengah, Biro Kerja Sama Provinsi Jawa Tengah, dan Otonomi Daerah.
  3. Naskah yang sudah final akandisampaikan ke gubernur Jawa Tengah.

Secara keseluruhan pelaksanaan kegiatan Lokakarya Penyusunan Naskah Piagam Kerja Sama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pusat Bahasa berjalan tertib dan lancar tanpa hambatan yang berarti. Semua ini terlaksana berkat kerja sama yang baik antara Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, instansi, dan organisasi di Jawa Tengah. Hal yang masih dirasa kurang dalam pelaksanaan lokakarya ini adalah terbatasnya waktu sehingga pembahasan yang dilakukan belum menyentuh hal-hal yang lebih terperinci.

 

 

 

( Tim Laman Balai Bahasa )

Kirim Komentar

Terbaru

12 April 2018 | 16:20 wib

PENYULUHAN BAHASA INDONESIA DI KABUPATEN KEBUMEN Pentingnya Keterampilan Berbahasa Indonesia Guru sebagai Piranti Mengajar

image Dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah, bahasa Indonesia selalu digunakan sebagai bahasa pengantar, kecuali beberapa…


06 April 2018 | 13:19 wib

Fried Rice, Fried Cassava, Black Coffee? Prestise atau Sikap Feodal?

image Nasi goreng, singkong goreng, kopi hitam, pasti bukan nama-nama yang aneh di telinga rakyat Indonesia. Nama-nama itu jamak…


19 Maret 2018 | 07:54 wib

Diskusi Sastra dan Peluncuran Antologi Geguritan: Mung Ngabekti Karya Na Dhien Kristy

image Mung Ngabekti yang memiliki arti ‘hanya mengabdi' dipilih Na Dhien Kristy sebagai judul antologi geguritannya. Judul…


15 Maret 2018 | 15:06 wib

Bengkel Komunitas Bahasa dan Sastra Dorong Gerakan Literasi Sekolah

image Balai Bahasa Jawa Tengah bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pemalang menyelenggarakan Bengkel…


14 Maret 2018 | 09:43 wib

Guru Harus Menggunakan Bahasa Indonesia di Setiap Forum Resmi

image Pada awal tahun 2018 Balai Bahasa Jawa Tengah kembali melaksanakan kegiatan pemartabatan penggunaan bahasa Indonesia melalui…

© 2012 Balai Bahasa Jawa Tengah
Jalan Elang Raya Nomor 1, Mangunharjo, Tembalang, Semarang
Telepon 024-76744357, Fax. 024-76744358, Email: info@balaibahasajateng.web.id