16 Desember 2015 | 10:42 wib

Kata Adalah dan Ialah

Oleh Rini Esti Utami

 

Penggunaan kata adalah dan ialah seringkali mengalami kerancuan. Sekilas penggunaan kedua kata tersebut sama dan dapat saling menggantikan. Sebagai contoh kalimat berikut.

(1) Dimas adalah anak kedua Pak Ahmat.

(2) Dimas ialah anak kedua Pak Ahmat.

Jika dilihat secara sekilas, kedua kalimat tersebut tidak salah. Namun, apabila dicermati dengan kaidah bahasa Indonesia yang benar, kalimat yang tepat ialah kalimat pertama. Sebetulnya kapan dan bagaimana penggunaan kata adalah dan ialah yang benar? Berikut penjelasan tentang hal tersebut.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008:7) kata adalah termasuk dalam kelas kata verba atau kata kerja. Kata adalah memiliki tiga makna, yaitu identik dengan, sama maknanya dengan, dan termasuk dalam kelompok atau golongan. Perhatikan kalimat berikut.

(3) Batik adalah kebudayaan Indonesia.

Pertama, kata adalah dalam kalimat itu bermakna identik dengan. Hal itu dapat dibuktikan dengan menggantikan kata adalah dengan frasa identik dengan.

(3a) Batik identik dengan kebudayaan Indonesia.

Kedua, kata adalah bermakna sama maknanya dengan misalnya dalam kalimat berikut.

(4) Candi Borobudur adalah candi Buddha terbesar di Indonesia.

Untuk membuktikannya, kata adalah dalam kalimat (4) digantikan dengan frasa sama maknanya dengan. Penggantian tersebut tidak akan mengubah informasi kalimatnya, seperti dalam kalimat berikut ini.

(4a) Candi Borobudur sama maknanya dengan candi Buddha terbesar di Indonesia.

Ketiga, kata adalah bermakna termasuk dalam kelompok atau golongan. Perhatikan kalimat berikut ini.

(5) Hewan mamalia adalah hewan kelas avertebrata yang salah satu cirinya memiliki kelenjar susu.

Kata adalah dalam kalimat (5) dapat digantikan dengan frasa termasuk dalam kelompok atau golongan. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan kalimat berikut ini.

(5a) Hewan mamalia termasuk dalam kelompok atau golongan hewan kelas avertebrata yang salah satu cirinya memiliki kelenjar susu.

Penggantian adalah pada kalimat (5) dan frasa termasuk dalam kelompok atau golongan pada kalimat (5a) tidak mengubah informasi kalimat tersebut.

Berbeda dengan kata adalah, kata ialah termasuk dalam kelas kata partikel atau kata penghubung. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia(2008:515) kata ialah bermakna penghubung di antara dua penggal kalimat yang menegaskan perincian atau penjelasan atas penggal yang pertama itu. Perhatikan kalimat berikut.

(6) Pejabat yang akan membuka acara tersebut ialah Gubernur Jawa Tengah.

(7) Acara berikutnya ialah pemaparan dan diskusi hasil penelitian. 

 

Lembar Informasi Kebahasaan dan Kesastraan Edisi 6, November-Desember 2014 

 

 

( est/Tim Laman Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah )

Kirim Komentar

Terbaru

12 April 2018 | 16:20 wib

PENYULUHAN BAHASA INDONESIA DI KABUPATEN KEBUMEN Pentingnya Keterampilan Berbahasa Indonesia Guru sebagai Piranti Mengajar

image Dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah, bahasa Indonesia selalu digunakan sebagai bahasa pengantar, kecuali beberapa…


06 April 2018 | 13:19 wib

Fried Rice, Fried Cassava, Black Coffee? Prestise atau Sikap Feodal?

image Nasi goreng, singkong goreng, kopi hitam, pasti bukan nama-nama yang aneh di telinga rakyat Indonesia. Nama-nama itu jamak…


19 Maret 2018 | 07:54 wib

Diskusi Sastra dan Peluncuran Antologi Geguritan: Mung Ngabekti Karya Na Dhien Kristy

image Mung Ngabekti yang memiliki arti ‘hanya mengabdi' dipilih Na Dhien Kristy sebagai judul antologi geguritannya. Judul…


15 Maret 2018 | 15:06 wib

Bengkel Komunitas Bahasa dan Sastra Dorong Gerakan Literasi Sekolah

image Balai Bahasa Jawa Tengah bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pemalang menyelenggarakan Bengkel…


14 Maret 2018 | 09:43 wib

Guru Harus Menggunakan Bahasa Indonesia di Setiap Forum Resmi

image Pada awal tahun 2018 Balai Bahasa Jawa Tengah kembali melaksanakan kegiatan pemartabatan penggunaan bahasa Indonesia melalui…

© 2012 Balai Bahasa Jawa Tengah
Jalan Elang Raya Nomor 1, Mangunharjo, Tembalang, Semarang
Telepon 024-76744357, Fax. 024-76744358, Email: info@balaibahasajateng.web.id