23 November 2012 | 08:40 wib

Sosialisasi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) bagi Guru SMP Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kabupaten Pekalongan

Guru Bahasa Indonesia seharusnya mahir berbahasa Indonesia. Sebagai guru Bahasa Indonesia, mereka merupakan sumber informasi berbahasa Indonesia yang baik dan benar bagi anak didik maupun lingkungannya.

Untuk mengetahui tingkat kemahiran berbahasa Indonesia para guru tersebut salah satunya dengan melakukan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI). Seperti apakah UKBI tersebut? Untuk mengetahui hal ini tentu saja perlu adanya sosialisasi atau pengenalan tentang UKBI.

Atas dasar itulah MGMP Bahasa Indonesia SMP kabupaten Pekalongan berinisiatif melaksanakan sosialisasi UKBI.

Bagi Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, kegiatan ini merupakan bentuk pelayanan kepada masyarakat serta bagian dari pembinaan bahasa kepada masyarakat.

Kegiatan ini dilaksanakan pada 19 November 2012 di SMP I Siwalan, Kabupaten Pekalongan.

Acara ini dihadiri oleh Drs. Misran, PLH Kepala SMP I Siwalan; Nur Sanyoto, M.Pd, konsultan MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Pekalongan; dan Drs. Nursubandiyanto, S.Pd.Ina., ketua MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Pekalongan.

Kegiatan yang diikuti oleh 52 guru Bahasa Indonesia SMP Pekalongan ini dibuka secara resmi oleh Drs. Misran, PLH Kepala SMP I Siwalan, Kabupaten Pekalongan.

Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa semua guru harus mahir berbahasa Indonesia, terutama guru Bahasa Indonesia. Beliau sangat setuju bahwa nantinya semua guru haruas mengikuti UKBI.

Meskipun hasil Ujian Nasional Bahasa Indonesia siswa SMP tahun 2012 lebih bagus dari tahun-tahun sebelumnya, yaitu rata-rata 7,5, guru Bahasa Indonesia tidak boleh lengah dan puas dengan hasil tersebut.  Para guru tersebut harus selalu berusaha untuk meningkatkan keilmuannya.

Drs. Misran menyambut baik kegiatan sosialisasi UKBI yang difasilitasi oleh Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah ini dan berharap kerja sama ini akan berlanjut pada pengujian UKBI pada masa yang akan datang.

Dalam kesempatan yang sama, Nur Sanyoto, M.Pd, Konsultan MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Pekalongan menyatakan sambutan baiknya atas kerja sama ini dan beharap guru-guru Bahasa Indonesia SMP di Kabupaten Pekalongan berinisiatif untuk mengikuti Tes UKBI ini. Setiap guru Bahasa Indonesia harus mengetahui tingkat kemahiran berbahasa Indonesianya agar tahu apa kekurangan dan kelebihan penguasaan materi UKBI.

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan oleh Tim UKBI Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah. Dalam sosialisasi ini narasumber, Enita Istriwati, S.Pd., menyampaikan gambaran umum UKBI, materi UKBI, fakta pengujian, dan kegunaan UKBI. Kegiatan ini diakhiri dengan latihan UKBI.

Sumber: Panitia Kegiatan

( Tim Laman )

Kirim Komentar

Terbaru

21 November 2014 | 15:46 wib

Kongres Kebudayaan Jawa 2014: Upaya Revitalisasi Nilai-nilai Budaya Jawa

Kongres Kebudayaan Jawa 2014 berlangsung selama empat hari pada 10—13 November 2014 di Surakarta. Kongres kebudayaan…


21 November 2014 | 14:54 wib

Penulisan Bentuk Gabung

Penulisan kata-kata yang digabung dan dipisah sudah diajarkan di bangku sekolah. Namun, kenyataannya masih sering dijumpai…


18 November 2014 | 16:18 wib

Penghargaan Prasidatama 2014: Dari yang Muda Energik hingga yang Senior Tersohor

image   Kreativitas memang tidak memandang usia. Tokoh dan sastrawan muda bisa lebih kreatif daripada tokoh yang lebih tua.…


06 November 2014 | 10:20 wib

UPAYA INTERNASIONALISASI BAHASA INDONESIA

image Bahasa Indonesia memiliki potensi menjadi bahasa internasional. Suatu bahasa dapat menjadi bahasa internasional jika bahasa…


04 November 2014 | 16:01 wib

Gubernur Jawa Tengah Menyerahkan Penghargaan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Jawa “Prasidatama” 2014

image Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah memberikan penghargaan kepada sejumlah tokoh yang memiliki dedikasi dalam mencipta karya…

© 2012 Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah
Jalan Elang Raya, Mangunharjo Tembalang, Semarang
Telp. 024-76744357, 70769945 Fax. 024-76744358 Email: info@balaibahasajateng.web.id